Coretan Putih diatas Hitam...

Welcome to my site.


Kamis, 31 Maret 2011

Pustaka Pusat

Kampus Limau Manih...
Pernahkah melihat fenomena yang unik tapi sudah basi? Bisa didapat di Pustaka pusat kampus Unand Limau manis. Yap, disana kita bisa melihat bagaimana antusias dari para mahasiswa untuk datang menunjungi pustaka.
Sisi positifnya adalah pustaka itu ramai, tapi beberapa kalangan datang kesini hanya untuk menikmati fasilitas internet yang dipasang oleh pihak kampus.
Sejatinya ini adalah sebuah fenomena yang mana makna dari perpustakaan itu sendiri hilang, yang mana pustaka adalah tempat mahasiswa meminjam buku dan sarana untuk membaca buku.
Akhir-akhir ini buku telah kehilangan banyak tempat didalam tas mahasiswa, dewasa ini mahasiswa memang membawa tas besar-besar yang kelihatannya penuh dengan buku, tapi jangan langsung dinilai. Coba teliti lebih cermat, didalamnya hanya terdapat sebuah Laptop dan seperangkat alat pengisi baterainya.

Ironinya lagi, ada beberapa mahasiswa yang datang ke kampus bukan untuk pergi mengunjungi ruangan perkuliahan, malah mereka hanya datang ke pustaka untuk menikmati internet gratis dari kampus.
Ini juga menjadi daya tarik pustaka yang sebelumnya dipenuhi oleh buku-buku yang lembar perlembarnya dibalik oleh mahasiswa, tapi dengan jari-jari itu mereka sekarang lebih cendrung untuk menekan tombol-tombol keyboard.

Seorang guru semasa sekolah dulu pernah cerita, beliau mengunjungi  perpustakaan di Harvard University. Beliau bercerita bahwa disana, sudah tidak ada lagi buku-buku yang tebal dan lembar demi lembarnya dipenuhi debu, tapi ketika masuk kedalam pustaka, kita akan mendapatkan banyak perangkat komputer yang bisa diakses oleh siapapun yang akan mencari buku, sejatinya Unand juga hampir menyamai.
Disana, (Harvard-red) buku sudah dirobah menjadi jurnal elektronik, yang bisa diakses dengan komputer itu sendiri, atau ada yang membawa laptop atau sejenisnya.

Buku seharusnya juga dilakukan revolusi, dulu buku yang di wujudkan dalam bentuk kumpulan lembar-lembar kertas, diharapkan bisa menjadi kumpulan soft-soft copy. Semoga saja di indonesai khususnya Unand, bisa. (Tinta Putih)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes