Coretan Putih diatas Hitam...

Welcome to my site.


Sabtu, 26 Maret 2011

Eksistensi Haji Dipertanyakan... (Benarkah???)

Ketika penulis sedang ibadah jumat, (25/3) di Masjid As Salam, fakultas ekonomi Unand. Penulis asyik mendengarkan kotbah yang dibacakan oleh khatib. Bagaimana tidak, selain merupakan salah satu rangkaian ibadah, tapi isi dari kotbah tersebut sangat menarik.

Tidak ada judul, khatib langsung membacakan sepenggal ayat. Setelah itu mulai berkhotbah. Kira-kira isinya begini. " Indonesia adalah satu negara yang penyumbang jamaah haji terbanyak seluruh dunia, bahkan ada yang inden atau menunggu jatah untuk mengunjungi tanah suci. Menurut hasil survey, Indonesia adalah mayoritas umat muslim se dunia."

Itu lah isi dari khotbah yang dibacakan oleh khatib. Sedangkan, yang membuat penulis lebih tertarik untuk terus menyimaknya adalah, khatib berujar, "Walaupun negara kita, Indonesia adalah mayoritas umat muslim dengan total jemaah haji terbanyak hampir tiap tahunnya, kenapa, TARAF MORAL DAN PERILAKU PENDUDUK INDONESIA TIDAK OBAHNYA PARA JAHILIYAH."



Hal ini yang menjadi daya tarik bagi penulis.
Apakah ini benar? Tidak salah, dan penulis rasa ini memang yang terjadi. Coba kita lihat disekeliling, banyak orang-orang kaya yang notabenen telah pernah beribadah haji, tapi mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Entah karena "pongah" atau kenapa, penulis sempat berpikir bahwa, ada satu dasar yang mesti dikaji.

Sejauh ini, para uztad pernah berkata, "orang yang telah naik haji atau mengunjungi baitullah, adalah orang-orang yang akan menjunjung tinggi norma moral dan perilaku yang baik." Hendaknya Disini harus berdasar lagi pada fakta yang ada.

Salah satu partai yang ada di negara ini, partai yang berbasis agama.  Sementara itu, faktanya, dilayar televisi kita pasti melihat bagaimana tindak tanduk dari mereka. Baik mereka adalah orang-orang yang berdiri dibalik senjata, "the man behind the gun."

makanya, tidak semua haji yang mabrur, untuk dapat dipertanyakan eksistensi haji itu sendiri. ( Tinta Putih )

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes